Weekly post

  • Posted by : Unknown April 4, 2014

    Tentang cita-cita dan dunia.


    Semua manusia di dunia punya pemikiran serta pandangan yang berbeda, begitu pula soal cita-cita. Untuk menjalani hidup secara layak dan sesuai dengan keinginan, kita perlu memikirkan soal 'masa depan' dan 'cita-cita'. Perlu diingat, hidup tidak datang secara instan dan tak memandang kehidupan sosial seseorang.

    Aku punya sebuah cita-cita. Tidak, bukan 'sebuah', melainkan 'beberapa' cita-cita. Aku tidak tahu pasti, tapi rasanya, cita-cita ku sering berganti seiring berjalannya waktu. Mungkin, aku bukan orang yang konsisten, atau mungkin juga, aku punya pemikiran 'musiman' yang membuatku jadi plin-plan dan tidak punya pendirian tetap. 

    Baiklah, kita bisa lupakan masa lalu, karena sekarang aku sudah punya 'cita-cita' ku sendiri. Apa kalian pernah mendengar sebuah lembaga bernama 'UNICEF'? Aku yakin sebagian dari kalian pernah mendengar, atau mengetahuinya. Bila kalian belum mengetahui arti sebenarnya soal UNICEF, aku akan menjelaskannya terlebih dahulu.

    "United Nations Children's Fund (UNICEF) adalah Badan PBB untuk anak-anak yang didirikan oleh Majelis Umum PBB pada 11 Desember 1946. Bermarkas besar di Kota New York, UNICEF memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang."-Wikipedia

    Jadi, apa hubungannya UNICEF dengan catatan ini? Biar ku jelaskan pada kalian soal cita-cita baru ku. Pada tahun 2011, aku di beri hadiah berupa dua buah buku karya 'Tetsuko Kuroyanagi', seorang aktris asal Jepang yang di angkat menjadi duta UNICEF. Aku sudah baca kisah perjalanannya menjelajahi banyak negara miskin, dan aku rasa ia sangat beruntung. Aku selalu ingin menjelajahi banyak negara di dunia, tak perduli apakah itu adalah negara favorit ku atau tidak. Yang jelas, pengalaman adalah hal terpenting dalam hidup, jadi kurasa, Tetsuko Kuroyanagi sudah mendapatkan pengalaman yang paling ku dambakan seumur hidup. Aku rasa, ia bisa jadi inspirasi ku dalam meraih cita-cita ini.

    Aku senang melihat bagian lain dunia, rasanya betul-betul menakjubkan. Aku ingin berada di deretan tanaman tulip Belanda, aku ingin menaiki perahu di Venice, aku ingin mengambil gambar hewan-hewan di Afrika, dan aku juga ingin melihat karya menakjubkan Tuhan. 

    Itu hanya gambaran singkatnya. Sebenarnya, masih ada banyak tempat yang ingin ku kunjungi, bila perlu, aku ingin melihat seluruh pemandangan di dunia, dan menyimpannya rapat-rapat dalam kotak kenangan indah di otak ku. Aku berusaha belajar banyak bahasa, yang mungkin saja akan ku perlu kan saat tersesat di suatu tempat. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana seru nya hidup sampai kita masuk ke 'zone'-nya, bukan?

    Tapi, bukan itu tujuan awal ku ingin jadi duta UNICEF. Selain ingin menjelajahi dunia, aku juga ingin menolong seluruh anak dan kaum wanita. Menurutku, dunia agak miris akhir-akhir ini, jadi aku ingin membuat perubahan dengan kemampuanku. Tidak melalui jalur politik, tapi langsung dari hati dan kesadaran. Aku punya pemikiran dan jalan sendiri untuk merubah dunia. Aku belajar menghargai orang lain, berusaha tidak rasis, dan membaca banyak buku tentang sejarah dunia. Itu semua memang tidak cukup, tapi aku percaya dengan kata hati ku. Selagi aku punya kepercayaan untuk maju, aku bisa melakukan apapun. Begitu pula adanya bila kita jadi optimis. Kita bisa melihat jalur yang lebih cerah dari pada sebelumnya, yang dapat menuntun kita ke masa depan yang indah.

    Ya, aku sudah memikirkan dengan matang. Ini lah cita-cita baru ku, menjadi duta UNICEF dengan segudang pengalaman menakjubkan. Aku akan belajar lebih banyak bahasa lagi, tak peduli seberapa sulitnya itu. Selagi aku punya kemauan yang kuat, semuanya dapat terjadi. 

    "The ones who are crazy enough to think they can change the world, are the ones that do."
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------


    { 1 comments... read them below or add one }

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    W O R L D Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan